Afdillahberita

Simak Alasan Kemenag. Kab. Pasuruan Memilih Mabna Abuya Hasan Sebagai Lokasi Rukyatul Hilal

0

Bangil, Dalwa Berita-  Kemenag Kab. Pasuruan telah memilih bangunan Mabna Abuya Hasan Baharun menjadi salah satu lokasi rukyatul  hilal.

Yang menjadi salah satu pertimbangan dipilihnya Dalwa sebagai lokasi rukyatul hilal lantaran Dalwa memiliki lokasi yang sudah memenuhi standar untuk melihat hilal. Hal ini dikemukakan oleh Penyuluh Agama Islam Kab. Pasuruan Dr. Rahmad Salahuddin, S.Ag., M.Pd.I saat melakukan survey lokasi di lantai 10 Mabna Abuya Hasan, Selasa (21/2/2023) yang lalu.

“Diantara syarat untuk melihat hilal yakni lokasi, dan lokasi rukyatul hilal ini harus diatas 50 MDPL, sedangkan gedung ini telah kami hitung, hasilnya ialah tanah yang ada disini berada di 7 MDPL. Adapun ketinggian gedung ini adalah 68 M. jadi kalau kita totalkan ketinggian yang ada menjadi 75 MDPL, itu sudah memenuhi standar untuk lokasi melihat hilal,” ujar pria yang juga menjadi anggota Badan Hisab Rukyat tersebut.

Saat mensurvey lokasi beliau ditemani oleh Kepala KUA Kec Rembang M Irjik S.HI,M.HI dan Bimas Islam kemenag Pasuruan, pak Hudan.

Dr. Rahmad bersyukur bangunan yang ada di Dalwa ini bisa menjadi alternatif Kemenag kab. Pasuruan dalam rukyatul hilal lantaran lokasi rukyatul hilal yang biasa digunakan saat ini tidak bisa lagi digunakan.

“Karena ada perubahan kebijakan dari pemerintah Lapan Pasuruan yang sekarang sudah diganti BRIN itu ditutup, sehingga kita, Kementian Agama mencari lagi titik rukyatul hilal ini dan untuk sementara  kita gunakan Dalwa sebagai titik koordinat pengamatan hilal karena Dalwa memiliki gedung yang tinggi,” ungkapnya kepada Dalwa Berita

Beliau menambahkan jika hilal terlihat sampai 3 kali atau lebih dari lokasi ini, maka pihak Kemenag Kab. Pasuruan akan mengusulkan Mabna Abuya Hasan ini sebagai titik rukyatul hilal tingkat nasional.

“Kalau sampai 3 kali kita bisa melihat dan awan bersih nanti kita bisa usulkan sebagi titik rukyatul hilal setingkat nasional,” tambahnya.

Meskipun saat ini hilal 1 Ramadhan tidak terlihat dari lantai 11 Mabna Abuya Hasan, namun beliau optimis hilal akan bisa terlihat di lain waktu.

“Dalam uji coba ini saya kira sudah cukup bagus, berharap di lain kesempatan kita bisa melihatnya,” ungkapnya saat pelaksanaan rukyatul hilal di lantai 11 Mabna Abuya Hasan Rabu sore, (22/03/2023) Afdillah/red.

 

admin dalwaberita.com
Media Informasi dan Berita Terpercaya Seputar Ponpes Dalwa

Muktamar Pertama BEM UII Dalwa Pasca Alih Bentuk

Previous article

Olimpiade Ramadaniyah Dalwa 1444 H resmi dibuka, Habib Segaf Ingatkan Pentingnya Berkompetisi

Next article

Comments

Leave a reply