beritaEvent PondokSyahrul

Haul Streaming Untuk Muassis Ponpes Dalwa

0

Bangil, Dalwa Berita- Jum`at (25/09/2020), Pondok Pesantren Darullughah wadda`wah untuk pertama kalinya menyelenggarakan haul muasis Abuya Alhabib Hasan bin Ahmad Baharun secara live streaming. Factor utamanya adalah masih belum aktifnya instansi Pendidikan pesantren yang disebabkan penyebaran wabah covid 19 yang masih belum menemui titik akhir. Runtutan acara haul dari awal hingga akhir disiarkan secara langsung dari ponpes dalwa keseluruh daerah negri  melalui satelit parabola ysng telah terkoneksi dengan saluran Dalwa TV

Persiapan acara telah dilaksanakan 3 jam sebelum acara dimulai dengan berbagai simulasi siaran yang telah dilakukan untuk memperlancar jalannya siaran haul online ini. Panitia yang terdiri dari ashab anggota Orsada (organisasi santri dalwa) Angkatan 2020-2021 bekerjasama dengan devisi penyiaran dalwa tv telah menyiapkan skenario acara dengan penempatan kamera di banyak titik titik yang telah ditentukan.Wakil panitia, hasan basri palaloe menyebutkan bahwa acara haul online semacam ini baru pertama kali diadakan dan akan menjadi sebuah pengalaman besar kedepannya, kami banyak belajar untuk persiapan acara ini.

Acara haul pendiri pondok Dalwa yang diadakan pada malam hari itu dimulai dengan lantunan qosidah dan pembacaan maulid nabi Muhammad Shalallahu ‘Alaihi Wasallam. Lalu dilanjutkan dengan pembacaan Manaqib dan kisah perjuangan Abuya Hasan semasa berdakwah dan membangun pondok Darullughah Wadda’wah yang dibawakan oleh Habib Muhammad alhaddad dengan lugas dan penuh penghayatan. Dalam penuturan sepak terjang Abuya Hasan dalam membangun pondok dan mendidik anak-anaknya, tak kuasa para hadirin untuk lebih lama lagi menahan air mata, hingga para hadirin pun ikut menangis mengenang masa-masa dahulu saat mereka masih bertatap muka dengan Abuya Hasan. Kemudian disambung dengan mauidhoh khasanah oleh putra muasis PonPes Dalwa Alhabib Segaf bin Hasan Baharun yang penuh dengan doa dan harap  kepada Allah SWT untuk mempercepat hilangnya wabah corona dari dunia ini sehingga majelis ta`lim dan pondok pesantren dapat kembali dibuka seperti sedia kala.

Peringatan haul Abuya Hasan ini memang rutin diadakan setiap tahun oleh pondok pesantren Darullughah Wadda’wah, karena tidak lain dan tidak bukan untuk memperingati dan mengingat kembali jasa dan hasil perjuangan Abuya Hasan Baharun semasa hidup beliau agar menjadi suri teladan dan uswah hasanah bagi santri-santri beliau agar menjadikan Dalwa sebagai contoh pondok yang berhasil dalam mendakwahkan agama Islam sebagaimana yang telah dicontohkan oleh Abuya Hasan Baharun. Red.syahrul.

admin dalwaberita.com
Media Informasi dan Berita Terpercaya Seputar Ponpes Dalwa

Tinjau Anggapan Bulan Shafar Bulan Sial, Benarkah ?

Previous article

Live! Multaqo virtual pertama Hai`ah As Sofwah Al Malikiyyah

Next article

Comments

Leave a reply