AsrofiberitaEvent Pondok

Talkshow Hari Bahasa Arab Usung Tema Perjuangan Abuya Hasan

0

Bangil, Dalwa Berita – Ponpes Darullughah Wadda’wah mengadakan acara Talkshow dalam rangka pembukaan Hari Bahasa Arab Sedunia di Masjid Baitul Ghaffar, Rabu malam (22/12/2021).

Acara tersebut mengusung tema “Menapaktilasi Perjuangan Abuya Hasan Baharun dalam Menyebarkan Bahasa Arab”. Hal ini bertujuan untuk memotivasi santri agar semakin giat dalam mempelajari dan menyebarkan bahasa Arab di Indonesia, sebagaimana yang telah dilakukan oleh pendiri Ponpes Dalwa itu.

Adapun konsep pembukaan Hari Bahasa Arab Sedunia tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Tahun ini menggunakan metode talkshaw agar menyesuaikan dengan perkembangan zaman.

“Menyesuaikan dengan keadaan zaman supaya santri tidak terlalu kaku saat di luar, sehingga kita memperbarui metode, tetapi tujuannya tetap sama,” ujar Fawwaz Al Farisi selaku Ketua Panitia Hari Bahasa Arab Sedunia.

Ustadz Fasihin, salah satu narasumber dalam acara ini menyampaikan bahwa manfaat belajar bahasa Arab di Dalwa dengan metode yang Abuya Hasan terapkan bisa dirasakan hingga ke Tarim, Hadramaut, Yaman.

“Kebetulan yang bisa mengajar bahasa Arab di Tarim adalah murid-murid Darullughah Wadda’wah. Jadi, mereka mengajarkan apa yang mereka pelajari dan dapatkan ketika di Dalwa dulu,” ungkapnya saat diwawancarai kru Dalwa Berita.

Para peserta terlihat antusias dalam mengikuti acara sampai akhir. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya santri yang mengajukan pertanyaan kepada pemateri saat sesi tanya jawab.

“Setelah mendengar pemaparan dari asatidzah, al faqir lebih semangat dan bersungguh-sungguh untuk mempelajari bahasa Arab. Karena al faqir bercita-cita tinggi untuk menyebarkan bahasa Arab pada santri-santri di luar sana,” ujar Muhammad, salah satu peserta Talkshow.Asrofi/red.

admin dalwaberita.com
Media informasi dan berita terpercaya seputar Ponpes Dalwa

Edit Profile

Previous article

Fenomena Hari Ibu Masa Kini

Next article

Comments

Leave a reply