beritaPondok PesantrenRedaksi

Tengok Suasana Ujian Semester, Cek!

0

Bangil,Dalwa Berita – Di penghujung kegiatan belajar mengajar semester genap, Ponpes Darullughah Wadda’wah mengadakan ujian akhir semester yang diadakan setiap semester.

Ujian akhir semester yang sudah diadakan sejak tanggal 11 Februari 2024 lalu akan berlangsung dua minggu berturut turut. Tentunya ujian ini wajib diikuti oleh seluruh santri Ponpes Dalwa.

Euforia suasana ujian sudah tercium seminggu sebelum dilaksanakannya ujian akhir semester ini. Para santri Ponpes Dalwa banyak yang mempersiapkan dengan sunggug-sungguh untuk menghadapi ujian semester yang telah berjalan selama 8 hari ini. Perlu diketahui juga bahwa ujian ini adalah penentu bagi para santri, apakah dia lanjut ke kelas yang lebih tinggi atau mengulang lagi di kelas yang sama.

Dari beberapa santri yang kita temui, mereka mengaku sangat siap dan yakin bahwa pada ujian ini mereka akan meraih nilai terbaik.

Persiapan mereka macam-macam, contohnya seperti merangkum pelajaran-pelajaran sebagaimana yang dilakukan oleh Muhammad Mustofa Maslul santri asal Kalimantan Timur ini sudah mulai merangkum pelajarannya.

“Dari persiapan sih kemaren ana sudah mulai talkhis-talkhis (merangkum) buat kelas,” ujarnya.

Pada hari-hari ujian, bukan hanya di masjid saja yang ramai dengan santri yang sedang muraja’ah (mengulang pelajaran) kini lapangan yang biasanya menjadi tempat bermain santri pun ramai dengan santri-santri yang sedang memuraja’ah pelajarannya.

Metode belajar yang digunakan para santri Dalwa bermacam-macam, mulai dari yang belajar seorang diri, berdua dengan teman hingga berkelompok. Tapi kebanyakan dari mereka mengaku lebih konsentrasi ketika belajar sendiri, karena jikalau berkelompok atau beramai-ramai nantinya akan lebih banyak bercanda dengan temannya dan itu menganggu konsentrasi belajar seperti yang dikeluhkan oleh Asadullah, santri kelas 3 Tsanawi asal Palembang dan kedua temannya.

Ana lebih suka belajar sendiri, soalnya kalau rame-rame ini sering jadi bercanda, niatnya tuh dari kamar ke masjid buat muroja’ah bareng-bareng, eh tahunya malah cerita yang lain,” tuturnya saat ditemui oleh Dalwa Berita.

Ujian dilaksanakan dalam waktu 12 hari dan dibagi menjadi dua waktu, pagi dan sore. Adapun yang ujian pada pagi hari dimulai dari jam 08.30-09.30 WIB. dan untuk kelas yang mendapatkan dua mata pelajaran maka dilanjut lagi pada pukul 10.30-11.30 WIB., adapun ujian sore hari itu hanya untuk kelas 2 dan 3  Tsanawiyyah juga kelas 1 Aliyah itu dimulai pada pukul 14.00-15.00 WIB. dan lanjut lagi pada pukul 16.00-17.00 WIB.

Pada ujian kali ini kita bertepatan juga dengan adanya Pemilu Capres-Cawapres 2024 yang bertepatan pada hari Rabu (14/2/2024) kemarin. Sehubungan dengan ini, pihak panitia ujian memberi kebijakan dengan meliburkan ujian pada saat Pemilu seperti yang dikatakan oleh Ustaz Junaid selaku panitia ujian

“Karena sekarang ujian semester kita bertepatan dengan Pemilu, maka di hari Rabu itu kita liburkan, bahkan santri daerah Jawa Timur khususnya, ada yang diizinkan pulang,” jelas beliau.

Harapan para santri pada ujian semester kali ini sangat beragam, seperti Ahmad Hafidz Zawawi santri asal Bekasi yang berharap bisa lebih memahami pelajarannya.

“Harapannya sih bisa lebih memahami pelajaran, terlebih seperti pelajaran yang kita sukai sepert Nahwu atau Fiqih,” ujar Ahmad.Gio/red.

admin dalwaberita.com
Media Informasi dan Berita Terpercaya Seputar Ponpes Dalwa

Tutup Kajian Al-Hikam, Habib Segaf: Tetap Selalu Tegur Sapa

Previous article

Closing Olimpiade Olahraga Ponpes Dalwa 2024

Next article

Comments

Leave a reply