beritaKampus

Tingkatkan Kualitas Tesis Mahasiwa, Pasca Sarjana UII Dalwa Adakan Bimtek Kepenulisan

0

Bangil, Dalwa Berita – Pasca Sarjana Universitas Islam Internasional Darullughah Wada’wah gelar bimbingan teknis penulisan tesis untuk para mahasiswa pada Ahad siang (6/8/2023) di ruang rapat Dalwa Hotel Syari’ah.

Tujuan Pasca Sarjana UII Dalwa gelar kegiatan Bimtek tersebut adalah untuk meningkatkan kualitas tesis mahasiswa dan agar mereka bisa lulus tepat waktu.

“Kita ingin meningkatkan kualitas tesis kita, bukan berarti yang sebelumnya tidak berkualitas ya! Karena dulu ada kaya tesis rasa skripsi alhamdulillah dari priode tahun ini sudah mulai terkikis,” ucap Pak Yusuf Arisandi, M.Pd.I., selaku Sekretaris Prodi MPBA UII Dalwa.

“Juga agar para mahasiswa bisa lulus tepat waktu, meninjau dari 2/3 tahun lalu itu ada saja mahasiswa yang molor inyaallah setelah ini tidak ada lagi yang molor,” sambungnya.

Di lain sisi, kegiatan Bimtek tersebut mejadi prasyarat untuk mahasiswa bisa ikut serta ujian tesis, dengan harapan agar tesis bisa satu bimbingan dan tidak bingung saat menulis dan menyusun tesis.

“Harapannya dengan adanya Bimtek ini, sudah satu pemikiran satu bimbingan, insyaallah mahasiswa sudah tidak bingung,” kata Pak Yusuf.

Kemudian, dengan adanya Bimtek penulisan tesis salah satu mahasiswa mengaku terbantu dan terbuka wawasannya mengenai beberapa sesi dalam menyusun tesis.

“Alhamdulillah kebantu, mulai kebuka lah beberapa sesi yang belum kita pahami,” ujar Muhammad Hasan bin Hamid Al-Habsyi saat ditanya Pers Dalwa Berita di lobi Hotel Dalwa.

Ia menyebutkan 2 hal yang diharapkannya mengikuti Bimtek penulisan tesis.

“Harapannya sih 2 hal, pertama sih membuka wawasan kita bagaimana menulis tesis, dan yang kedua menambah semangat kita biar cepat menyelesaikan tesis,” ungkapnya.

Kegiatan tersebut dibimbing langsung oleh Profesor yang kredibel dan kompeten di bidangnya, salah satunya ada Prof. Dr. Muh. Ainin, M,Pd dari Universitas Negeri Malang.

Prof. Ainin menjelaskan manfaat ikut kegiatan Bimtek bagi para mahasiswa, belia menyebutkan ada manfaat jangka pendek dan jangka Panjang.

“Ada manfaat jangka pendek dan manfaat jangka panjang. Manfaat jangka pendeknya itu mahasiswa dapat menyelesaikan tugas akhirnya dalam konteks ini tesis dengan secepat-cepatnya tanpa mengurangi kualitas,” jelasnya.

“Kedua kalinya, mahasiswa punya wawasan untuk bagaimana munulis penelitian yang baik, mulai dari bagaimana menyusun latar belakang, menyusun pertanyaan, bagaimana merancang metodenya dan list data dan paparan datanya, sampai bagaimana menemukan teori dari penelitian,” sambung Prof. Ainin.

“Kemudian yang ke tiga adalah dari segi psikologis ini merupakan perhatian yang besar terhadap mahasiswa, memfasilitasi mahasiswa untuk melaksanakan kegiatan ini yang mungkin agak sulit dijumpai di perguruan tinggi lain, sehingga secara psikologis dan sosiologis Dalwa punya perhatian punya komitmen yang tinggi agar lulusannya bisa lulus tepat waktu,” sambungnya lagi.

“Terus jangka panjangnya ini dapat meningkatkan kinerja utama perguruan tinggi Dalwa karena kalau lulus tepat waktu itu salah satu indikator kinerja utama perguruan tinggi yang baik,” jelasnya lagi tentang jangka panjang ikut Bimtek penulisan tesis saat wawancara dengan Pers Dalwa Berita.

Terakhir, Prof. Ainin berharap setelah kegiatan tersebut ada pendampingan dan bimbingan lagi secara intens dari para pembimbing di UII Dalwa.

“Harapannya memang ada semacam pendampingan berkelanjutan, pembimbingan secara intens dari pembimbing di sini  terhadap mahasiswa yang telah mencoba menyusun proposal sehingga jalan penelitiannya itu benar dan metodologinya juga benar hasilnya juga benar, kegiatan ini kan ibarat hanya penyentil saja supaya mahasiwa semangat,” pungkas Prof. Ainin.Taslim/red.

admin dalwaberita.com
Media Informasi dan Berita Terpercaya Seputar Ponpes Dalwa

Balas Budi kepada Sultan Abdurrahman Al-Qodri Pontianak, ISKAB Adakan haulnya yang ke-222

Previous article

Santri Dalwa 4 Rasakan Kemajuan Dengan Sistem Terbaru

Next article

Comments

Leave a reply