beritaIkatan Santri DaerahIlham Maulidi

Balas Budi kepada Sultan Abdurrahman Al-Qodri Pontianak, ISKAB Adakan haulnya yang ke-222

0

Bangil, Dalwa Berita- Ikatan Santri Kalimantan Barat (ISKAB) kembali memperingati haul akbar Sultan Abdurahman Al-Qodri yang ke 222 di lapangan belakang Dalwa Hotel Syariah, kamis malam (03/08/2023).

Al-Habib Sultan Abdurrahman Al-Qodri merupakan pendiri kota Pontianak sekaligus raja pertama di kesultanan Qodriyah Pontianak. Selain itu, beliau adalah ulama yang menyebarkan Islam di tanah Pontianak.

Acara haul Sultan Pontianak dihadiri oleh Ustaz Ismail Ayyub, Al-Habib Muhammad bin Yahya, Al-Habib Muhammad Al-Haddad, Ustaz Syarnawi Ilyas dan perwakilan santri Kal-Bar se-Jatim dan Madura.

Sayyid Ramadhan Al-Qodri mengungkapkan bahwa haul akbar Sultan Al-Qodri merupakan kegiatan rutin yang diadakan santri ISKAB Dalwa sebagai bentuk balas budi kepada pendiri kota Pontianak yang sekaligus ulama dalam menyebarkan Islam di Pontianak.

“Pentingnya kita mengenang beliau karena tanpa beliau tidak ada kota Pontianak. Beliau juga mengenalkan Islam di kota kita, karena beliau juga sebagai walinya Allah,” ungkap ketua ISKAB.

Pada acara itu juga pemberian penghargaan kepada 13 santri yang baru saja selesai kan hafalan kitab kamus ‘Asriah Bahasa Arab karangan Abuya Al-Habib Hasan Baharun.

Al-Habib Muhammad Al-Haddad memberikan tausiah pada malam Haul Sultan Pontianak mengungkapkan, memperingati haul ulama juga sebagai bentuk syukur kepada Allah lewat perantaranya dalam memperjuangkan agama Islam, seperti Sultan Abdurrahman Al-Qodri di Pontianak.

“Apabila kita bersyukur kepada Allah lalu melupakan jasa para ulama yang menghadirkan cahaya Islam di tanah Pontianak, maka Allah sendiri menyatakan kita belum bersyukur. Di antaranya, syukur kita kepada Allah  kita mensyukuri perantara nikmatnya, yaitu dengan memperingati haul  Sultan Abdurahman. Tak hanya pemimpin, juga ulama di Pontianak,” ungkap beliau.

Muhammad Syarif Hidayatullah, salah satu perwakilan dari ISKAB se-Jawa Timur dan Madura merasa senang bisa hadir di acara haul yang diadakan santri Dalwa.

“Alhamdulillah saya pertama kali datang di acara haul Sultan diadakan ISKAB Dalwa acaranya meriah dan mewah. Mudahan ada keberkahan kita memperingati haul Sultan Pontianak,” ungkapnya.Ilham/red.

admin dalwaberita.com
Media Informasi dan Berita Terpercaya Seputar Ponpes Dalwa

Lestarikan Sastra Bahasa Arab dengan Ikut Muntada Syu’ara

Previous article

Tingkatkan Kualitas Tesis Mahasiwa, Pasca Sarjana UII Dalwa Adakan Bimtek Kepenulisan

Next article

Comments

Leave a reply