beritaMuayyad

Bahasa Arab Menjadi Fokus Pembahasan di Workshop Kedua SPM | lpm dalwa | dalwa

0

Pasuruan- Workshop kelanjutan SPM (Santri Praktek Mengajar) kembali diadakan oleh santri Tsany Aly Fityatut Thumuh Kamis, (17/01/2019). Kali ini yang menjadi topic pembahasan adalah Bahasa Arab dengan menhadirkan narasumber; Al Ustadz Muhammad Shofi Ashnaf dan Al Ustadz Hasan Basri bin Muhammad.
Pemateri pertama, Al Ustadz Shofi menyampaikan tema materi “Menciptakan Lingkungan yang Menarik dalam Pembelajaran Bahasa Arab.” Ustadz Shofi menyampaikan, untuk membentuk lingkungan Arabiyyah yang pertama diperlukan asrama khusus bagi santri yang siap berbahasa Arab. Kedua, pengajar bahasa Arab harus mempu memberi contoh, dengan sering berbicara menggunakan Bahasa Arab. Ketiga, mengadakan pertemuan bahasa Arab. Keempat, mengadakan seminar bahasa Arab, Kelima, mengadakan kegiatan-kegiatan bernuansa bahasa Arab seperti pemutaran film Bahasa Arab. Keenam, Latihan pidato. Ketujuh, menyediakan kitab-kitab berbahasa Arab baik yang tradisonal maupun yang kontemporer. Kedelapan, menerbitkan majalah Bahasa Arab. Kesembilan, menyampaikan pengumuman dengan bahasa Arab. Kesepuluh, membiasakan para santri untuk mendengar bahasa Arab. Kesebelas, Adanya motivasi untuk mau berbicara bahasa Arab dan serta hukuman bagi yang tidak berbicara bahasa Arab.
Adapaun Al Ustadz Hasan Basri selaku pemateri kedua menyampaikan tema “Metode Pengajaran Bahasa Arab dengan Keberagaman Level Pelajarannya.” Dalam kesempatan ini beliau menyampaikan pengenalan suara, atau cara pengucapan bahasa Arab terlebih dahulu kepada para santri. Kemudian, mulai menghafal kosakata, dan menyusun kalimat dalam Bahasa Arab. Dalam tahap ini santri SPM bisa mengajarkan kitab Al Muhawaroh Al Hadistah. Tahapan yang terakhir adalah praktek berbicara bahasa Arab.
Acara yang dimulai sekitar pukul 16.30 WIB ini diakhiri pada pukul 11.00 WIB. Dengan diselingi pembacaan maulid Nabi selepas Maghrib. Acara ditutup dengan rapat untuk kemajuan Fityatut Thumuh dan do’a. Muayyad/red

admin dalwaberita.com
Media Informasi dan Berita Terpercaya Seputar Ponpes Dalwa

Google Scholar dan Sinta untuk Peningkatan Kualitas Dosen IAI Dalwa | lpm dalwa | dalwa

Previous article

Banjir Gol Warnai Laga Persahabatan All Star Dalwa | lpm dalwa | dalwa

Next article

Comments

Leave a reply