ArtikelArtikelKolomOpiniRedaksi

Berikut Amalan Recommended di Bulan Sya’ban

Keutamaan Bulan Sya'ban
0

Bulan Sya’ban adalah salah satu bulan yang sangat mulia nan agung. Ia merupakan bulan yang penuh dengan keberkahan dan kebaikan. Melakukan taubat di dalamnya merupakan suatu kenikmatan yang besar, dan meningkatkan ketakwaan pada Allah pada saat itu adalah seperti berdagang yang mendapatkan keuntungan yang sangat besar dan melimpah.

Allah menjadikan bulan Sya’ban sebagai bagian dari keberkahan yang terkandung dalam masa dan Allah menjanjikan kepada orang-orang yang bertaubat di bulan itu dengan suatu ketenangan dan ketentraman. Barangsiapa yang rajin melakukan ibadah pada bulan yang mulia ini, maka Allah memberikan keberuntungan kelak di bulan Ramadhan dengan kebiasaan-kebiasaan yang baik.

Di dalam bulan Sya’ban terdapat satu malam yang penuh berkah dan mulia. Malam itu jatuh pada pertengahan bulan atau biasa disebut dengan Nishfu Sya’ban. Umat Muslim Indonesia khususnya sangat sering merayakan malam Nishfu Sya’ban dengan amalan-amalan baik. Meskipun amalan-amalan pada malam Nishfu Sya’ban yang terdapat dalam hadits itu statusnya dhoif, tapi masih bisa dijadikan untuk fadhoilul a’mal (memotivasi untuk mengerjakan amalan baik). Di antara amalan-amalan yang biasa diamalkan pada malam Nishfu Sya’ban sebagai berikut:

1.) Shalat Sunnah Mutlak, melaksanakan shalat sunah secara mutlak dijelaskan dalam hadits:

قوله صلى الله عليه وسلم: “الصلاة خير موضوع، فمن شاء استكثر ومن شاء استقل” قال الحافظ في الفتح” 479/2: صححه ابن حبان

“Shalat adalah sebaik-baik syariat, siapa yang ingin memperbanyak maka perbanyaklah, dan siapa yang ingin melakukan sedikit maka lakukanlah” (Al-Hafidz Ibnu Hajar mengatakan bahwa hadis ini dinilai sahih oleh Ibnu Hibban. Fath Al-Bari 2/479)

Adapun tata cara shalat sunnah pada malam Nishfu Sya’ban dalam Majmu Syarif hal 93-96 sebagai berikut:
• Shalat sunnah 2 rakaat dengan niat shalat muthlak
• Rakaat pertama setelah fatihah membaca surat al-kafirun
• Rakaat kedua, setelah fatihah membaca surat al-ikhlas
• Dalam setiap sujud membaca doa:

اللّهُمَّ إِنِّي أَعُوْذُ بِعَفْوِكَ مِنْ عِقَابِكَ، وَأَعُوْذُ بِرِضَاكَ مِنْ سُخْطِكَ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْكَ إِلَيْكَ، لا أحصى ثناء عليك أنت كما أثنيت على نفسك

2.)  Membaca Yasin tiga kali 

Dalam kitab Mujribat yang dikarang oleh Ad-Dairaby bahwa salah satu amalan di malam Nishfu Sya’ban adalah membaca surat yasin 3 kali dengan niat:

  1. Surat Yasin yang pertama dibaca untuk memohon panjang umur (yang barakah) dan ketaatan/ketaqwaan serta dapat istiqamah kepada Allah SWT.
  2. Surat Yasin yang kedua dibaca untuk memohon dijauhkan dari segala bentuk musibah, fitnah, bala/marabahaya lahir batin.
  3. Surat Yasin yang ketiga dibaca untuk memohon sugih hati/kaya hati yang langsung dari Allah, tidak mudah meminta-minta pada selain Allah serta ditetapkan Iman Islam sampai akhir hayat

3.) Memperbanyak Sholawat Nabi

إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا

“sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat kepada Nabi, wahai orang-orang yang beriman bersholawatlah kalian atas Nabi dan sampaikanlah salam penghormatan kepada-Nya” (ٍَQS: Al-Ahzab: 56)

Imam Ibnu Al-Shoif Al-Yamani mengatakan bahwa, “Sesungguhnya bulan Sya’ban adalah bulan sholawat Nabi, karena surah al-Ahzab:56 ini turun pada bulan Sya’ban.”

Maka sudah seharusnya bagi ummat Islam untuk memperbanyak sholawat pada bulan yang mulia ini.Arya/red.

admin dalwaberita.com
Media Informasi dan Berita Terpercaya Seputar Ponpes Dalwa

Peringati Isra Miraj & Milad Perdana Hibbun Nabi, Ponpes Dalwa Ba’alawi Adakan Konser Bersama Ar-Ridwan Ensemble

Previous article

Inilah Kesan Wakil Gubernur Jatim Saat Kunjungi Ponpes Dalwa

Next article

Comments

Leave a reply