beritaEvent PondokFahri

Dalwa Adakan Haul Ke-17 Penasihat Pondok Prof. Dr. Abuya Sayyid Muhammad bin Alawi Almaliki

0

Bangil, Dalwa Berita- Selasa (04/05/21)  Ponpes Dalwa mengadakan Haul ke-17 Penasihat pertama pesantren, Prof. Dr. Abuya Sayyid Muhammad bin Alawi al Maliki al Hasani. Haul yang diadakan ba’da tarawih sehari setelah acara Nuzulul Quran tersebut diawali dengan khataman Quran di sore harinya. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang diadakan malam 15 Ramadhan, tahun ini Haul Abuya Maliki (sapaan akrab murid-murid Beliau) digelar malam 23 Ramadhan mengingat malam 15 Ramadhan bertabrakan dengan hajah ma’had.

Jalannya Acara

Acara diawali dengan kasidah-kasidah yang dibawakan oleh Mambaus Sofa (grup hadrah Ponpes Dalwa) kemudian dilanjutkan dengan sambutan atas nama sekretaris umum Haiah Assofwah Al Malikiyah, Ustadz Kamal Mukhlis. Dalam sambutannya, ustadz asal Gresik tersebut memaparkan bahwa seseorang akan dikumpulkan bersama orang yang dicintainya.

Al mar’u ma’a man ahab. Seseorang itu akan dikumpulkan bersama orang yang dicintainya. Semoga perkumpulan kita ini menjadi sebab dikumpulkannya kita bersama Abuya kelak di Akhirat.” Pungkas beliau.

Setelah sambutan, acara disambung dengan pembacaan biografi ulama Hijaz tersebut yang disampaikan oleh Habib Alwi bin Segaf bin Ahmad Baharun.

“Abuya adalah sosok ulama panutan yang cenderung lebih condong kepada cara berpikir yang mendinginkan suasana.” Putra Habib Segaf tersebut juga menambahkan “Banyak ceramah dan tausiah beliau yang selalu mengedepankan untuk saling menghormati, meski kepada orang lain yang memiliki cara berpikir berbeda dengan kita.”

Setelah pembacaan manakib, acara dilanjutkan dengan pembacaan Yasin dan tahlil oleh Habib Ahmad bin Idrus Al-Habsy, salah satu alumni Rushaifah Makkah Angkatan awal.

Diguyur hujan

Awal acara berjalan dengan lancar tapi ketika memasuki pertengahan acara, hujan mengguyur area Ponpes Dalwa sehingga mengharuskan para tamu dipindahkan di posisi awal yang sebelumnya berada dibawah dipindah ke atas panggung. Meskipun guyuran hujan menyerbu, para santri nampak semakin antusias dalam mengikuti jalannya acara hingga selesai.

“Seru. Dapat pengalaman hujan-hujanan di tengah acara” Ujar Sobar salah satu santri Dalwa ketika diwawancarai kru Dalwa Berita

Hadir dalam acara tersebut Mudirul Ma’had Abuya Zein Baharun, Dr. Habib Segaf bin Hasan Baharun, Ustad Kamal Mukhlis (sekretaris umum Haiah Assofwah), Ustadz Saiful Maslul (munsyid Abuya Maliki), dan beberapa murid Abuya Maliki dari Jawa Timur.Fahri/red

admin dalwaberita.com
Media Informasi dan Berita Terpercaya Seputar Ponpes Dalwa

Dalwa Hadiri Haul Virtual Abuya Maliki Oleh Yayasan Amanah Malikiyah, Malaysia

Previous article

Jelang Akhir Ramadhan, Dalwa 3 Gelar Peringatan Nuzulul Qur’an Dan Haul Abuya Maliki

Next article

Comments

Leave a reply