AtepberitaEvent Pondok

Jelang Akhir Ramadhan, Dalwa 3 Gelar Peringatan Nuzulul Qur’an Dan Haul Abuya Maliki

0

Bangil, Dalwa Berita – Tidak hanya di Dalwa Pusat, peringatan Nuzulul Qur’an dan Haul Abuya Sayyid Muhammad bin Alawi Al-Maliki Al-Hasani juga digelar di Ponpes Dalwa 3 Ba’alawi pada Sabtu (08/05/2021).

Acara yang berpusat di lapangan utama Ponpes Dalwa 3 itu dihadiri langsung oleh Abuya Zein bin Hasan Baharun selaku mudirul ma’had Dalwa pusat, Habib Segaf bin Hasan Baharun selaku mudirul ma’had Dalwa Putri, Habib Ali bin Hasan Baharun selaku mudirul ma’had Dalwa 3, Ustadz Qoimuddin selaku ketua Departemen Pendidikan Ponpes Dalwa, Syeikh Umar Dhobba dari Syiria, Syekh Marzuki dari Mekkah dan asatidzah lainnya.

Dua kegiatan yang menjadi rutinitas akhir bulan Ramadhan ini dilaksanakan secara bersamaan karena permintaan langsung dari Abuya agar bisa lebih fokus.

“Kemarin aslinya pengen beda waktunya, kata guru kita gabung aja biar bisa fokus di acara ini, di acara Ba’alawi. Jadi biar gak di sana dan gak di sini. Pokoknya biar fokus di Ba’alawi,” tutur Sayyid Habibi Assegaf selaku Ketua Panitia Ramadhaniyah

Santri kelas 3 Aly itu juga mengatakan bahwa acara tersebut diadakan secara mendadak.

“Seminggu lalu itu persiapan yang belum mateng, dan tadi malem kite baru ijtima’ lagi untuk mematengkan lagi. Jadi baru tadi malem yang bener-bener kite sudeh ijtima’. Bagus-bagusnya tadi malem. Termasuk mendadak,”. Katanya.

Beliau juga menuturkan bahwa isi acara tersebut tidak berbeda jauh dengan acara di Ponpes Dalwa Pusat beberapa hari lalu.

Kite pertama itu Nuzulul Qur’an dulu. Yang terakhir baru kite haul Abuya Muhammad bin Alawi Al-Maliki … gak beda jauh sama yang di pusat.”

Acara dimulai dengan khataman Al-Qur’an yang dilaksanakan setelah salat Ashar oleh seluruh santri. Kemudian acara dilanjutkan selesai buka puasa dan salat Teraweh dengan lantunan kasidah. Penampilan nasyid, drama dan senandung ayat suci Al-Qur’an oleh para santri pun turut memeriahkan acara.

Namun, di pertengahan acara, para santri dibuat haru oleh Habib Ali Ridha bin Hasan Baharun dan Habib Segaf bin Hasan Baharun saat mengisi sambutan dan hikmah mutiaranya tentang akhir Ramadha dan kemuliaan Abuya Sayyid Muhammad bin Alawi Al-Maliki.

Kemudian acara diisi dengan lantunan kasidah kembali oleh Syeikh Umar Dhobba sebagai hiburan penutup. Setelah itu, kegiatan ditutup dengan do’a pada pukul 00.10 WIB.

Walaupun persiapannya terhitung mendadak, tapi para santri antusias mengikuti acara hingga selesai.

“Selama mondok dua tahun ini, baru pertama ana ikut acara seperti ini di bulan Ramadhan. Acaranya menarik,” ucap Aditya Fauzan salah satu santri asal Makasar.Atep/red

 

admin dalwaberita.com
Media Informasi dan Berita Terpercaya Seputar Ponpes Dalwa

Dalwa Adakan Haul Ke-17 Penasihat Pondok Prof. Dr. Abuya Sayyid Muhammad bin Alawi Almaliki

Previous article

Final Hafidz Dalwa Berlangsung Seru dan Meriah

Next article

Comments

Leave a reply