AlumniberitaLukmanRedaksi

Dengan Wejangan Zuhud, Habib Segaf Awali Kajian Al-Hikam Tahun Ini

0

Bangil, Dalwa Berita – Kamis malam (6/6/2024), rutinan kajian Al-Hikam bersama Dr. Habib Segaf Baharun M.H.I. sebagai pengajar, kini kembali dibuka setelah kemarin sempat ditutup karena menyambut bulan puasa Ramadhan.

Kajian khusus untuk para alumni Ponpes Dalwa yang diadakan setiap malam Jumat pertama awal bulan tersebut merupakan inisiatif langsung dari Pengasuh Ponpes Dalwa, Abuya Zein bin Hasan Baharun dengan tujuan agar para alumni mendapatkan ranah kebaikan dari manfaat saling memberikan peringatan.

”Alhamdulillah kita bisa menyempatkan diri datang dalam pembukaan majelis Al-Hikam yang diperkasai dan diperintahkan oleh Abuya Al-Habib Zain bin Habib Hasan Baharun, dengan tujuan supaya kita mendapatkan ranah ayat yang berbunyi fadzakkir fainnadz dzikra tanfa’ul mu’minin (Berilah peringatan pada sesama, sesungguhnya peringatan itu bermanfaat untuk orang beriman), tidak ada yang lebih bermanfaat bagi seorang mukmin lebih daripada peringatan,” sebagaimana yang diutarakan Habib Segaf dalam pembuka wejangannya.

Dalam kajian pembukaan tersebut, Habib Segaf Baharun membahas tentang sifat zuhud, tidak cinta pada hal duniawi.

”Cinta kepada dunia ini, itu adalah pangkal dari segala macam kejahatan, sebagaimana Nabi SAW bersabda hubbud dunya ra’su kuli khothi’ah (Cinta dunia itu pangkal dari segala macam keburukan) ,” terang beliau.

”Pantas kalau Abuya Habib Hasan Baharun beliau mengajarkan kepada putra-putranya dan putri-putrinya itu pertama kali adalah zuhud dalam dunia, bagaimana cara mengajarkannya? Cara mengajarkannya adalah selalu memberikan kita (dengan) wejangan bahwasanya rezeki itu gak kemana-mana,” ucap beliau lebih lanjut.

Habib Segaf berharap dengan pembukaan kajian Al-Hikam pada kali itu, Allah Swt. memberikan hidayah untuk para jamaah dengan pandangan kasih sayang, pertolongan serta hidayah-Nya.

”Dan semoga, sebagaimana kita membuka (Kajian Al-Hikam), kita dibuka oleh Allah Ta’ala, maka semoga Allah membuka kita dengan nadzarrah rahmat-Nya (pandangan kasih sayang), dengan inayah-Nya (pertolongan), dengan ri’ayah-Nya (Pengawasan), dengan hidayah-Nya (petunjuk),” harap putra Sang Pendiri Ponpes Dalwa, Abuya Habib Hasan Baharun.Lukman/red.

admin dalwaberita.com
Media Informasi dan Berita Terpercaya Seputar Ponpes Dalwa

Wawancara Ekslusif Bersama Habib Alwi Bin Syihabuddin, Ini Kesan dan Harapan Beliau

Previous article

Olimpiade Olahraga Ponpes Dalwa Tahun Ini Jadi Momen Surprise Ulang Tahun Sang Motivator, Habib Segaf Baharun Ke-50

Next article

Comments

Leave a reply