beritaKampusRedaksi

Desainer Logo UII Dalwa Jelaskan Makna Logo, Terinspirasi Dari Hadits Nabi Saw.

0

Bangil, Dalwa Berita- Sudah satu tahun IAI Dalwa alih status menjadi UII Dalwa setelah pemberian SK dari pemerintah mengenai perubahan status dari institut menjadi universitas. Bersamaan dengan perubahan tersebut maka logo dari IAI juga mesti diubah.

Dalam setiap lembaga, logo tidak hanya menjadi simbol penting pada suatu produk, namun juga merupakan identitas yang memperkenalkan makna-makna pemilik logo tersebut. Sama halnya dengan logo baru Univeristas Islam Internasional Darullughah Wadda’wah ini.

Pemenang seminar desain logo UII Dalwa, Ustadz Muhammad Bintang menjelaskan makna dan filosofi logo UII Dalwa pada seminar Multiverse of Design di Hotel Dalwa Syariah, Jum’at (19/01/2024) lalu.

Beliau menuturkan bahwa ia memiliki prinsip dalam membuat logo tersebut yang berdasarkan hadits Nabi Muhammad Saw. yang berbunyi:

“Aku adalah kota ilmu, dan Ali adalah pintunya, maka barangsiapa yang menghendaki ilmu maka datangilah pintunya,”

Oleh karenanya beliau memiliki dasar untuk menjadikan logo yang akan dibuatnya berbentuk seperti pintu, karena barangsiapa yang ingin mendapatkan ilmu maka harus mendatangi pintunya terlebih dahulu.

“Jadi punya prinsip pokoknya bentuknya harus kaya pintu, biar semakna sama haditsnya Rasul, biar kalo mau dapet ilmu harus datengin pintunya dulu,” ujarnya.

Dari hasil logo yang telah dibuatnya itu memiliki struktur huruf UII dan Dalwa dengan tulisan Arab.

Sedangkan pemilihan warna biru terinspirasi dari logo yang dimiliki Universitas Oxford, Inggris yang dominan berwarna biru dan memiliki arti penuh keilmuan dan akan terus berkembang.

“Warna biru dipilih ngikutin logonya Oxford sama biru itu punya arti ilmu yang kental dan akan terus berkembang kedepannya,” ungkapnya.Fauzan/red

admin dalwaberita.com
Media Informasi dan Berita Terpercaya Seputar Ponpes Dalwa

Adakan Seminar Design dan Logo, Dalwa Technology Undang Salah Satu Desainer Logo IKN

Previous article

Realisasikan Nama Besar, UII Dalwa Adakan Seminar Internasional bersama Al-Asmarya Islamic University

Next article

Comments

Leave a reply