beritaKampusRedaksi

Realisasikan Nama Besar, UII Dalwa Adakan Seminar Internasional bersama Al-Asmarya Islamic University

0

Bangil, Dalwa Berita – Sudah kesekian kalinya UII Dalwa mengadakan seminar Internasional bersama Universitas luar negeri. Untuk memanfaatkan kunjungan Prof. Dr. Mohammad Sulayman Mohammad bin Abd. Al-Hafeeth ke UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, UII Dalwa mengundangnya sebagai pemateri dalam seminar Internasional pada Selasa siang (23/01/2024) di Masjid Baitul Ghoffar.

Seminar internasional ini dihelat untuk menjalin kerja sama atau MoU dengan Universitas Islam Al-Asmarya dengan mengangkat tema Problematika dan Perkembangan Negeri-Negeri Islam. Sekaligus acara ini guna merealisasikan nama besar UII sebagaimana yang diungkapkan oleh Ustaz Ahmad Fauzi Hamzah selaku Wakil Direktur Pascasarjana UII Dalwa.

“Kita menjalin memperbanyak komunikasi dan memperbanyak jaringan terutama jaringan internasional, karena kita sudah menjadi UII, dan salah satu indikatornya bagaimana kita punya kegiatan-kegiatan yang sifatnya global atau internasional.” Ungkap beliau.

Seminar Internasional ini, UII Dalwa mendatangkan 3 pemateri dari negara yang berbeda, yaitu Prof. Dr. Mohammad Sulayman dari Libya selaku President of Al-Asmarya University for Islamic Sciences Libya, Prof. Dr. Faisol Mahmud Adam dari Sudan selaku Dosen Internasional UII Dalwa dan juga Dr. Kholili Hasib dari Indonesia selaku Dosen Pascasarjana UII Dalwa.

Dalam isi materi yang disampaikan oleh Prof. Dr. Mohammad Sulayman, beliau membahas keutamaan bahasa Arab yang menjadi bahasa Al-Qur’an dan kepentingan mempelajarinya. Di akhir penyampaiannya, beliau berpesan agar mahasiswa dan santri memperhatikan bahasa Arab, karena bahasa ini adalah kunci yang bisa digunakan untuk masuk ke dalam berbagai ilmu dan juga mengetahui asal sesuatu di dalam ilmu-ilmu tersebut.

Di penghujung acara, Prof. Dr. Mohammad Sulayman menandatangani surat perjanjian kerja sama yang berisi tentang tridarma perguruan tinggi, yaitu Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian, sebagaimana yang diungkapkan oleh Dr. Ustaz Sholahuddin Hasyim, M.H.I. selaku Wakil Rektor I UII Dalwa.

Sedikit tentang UI Al-Asmarya, UI Al-Asmarya adalah satu-satunya universitas Islam milik pemerintah yang ada di Negara Libya, dan juga yang mengagumkan dari Libya adalah negara tanpa presiden, sebagaimana dijelaskan oleh Ustadz Sholahuddin Hasyim. Juga, Libya terkenal dengan banyaknya penghafal Al-Qur’an sebagaimana ujar Dr. Faisol Mahmud dalam isi materinya.

“Terdapat sejumlah satu juta penghafal Al-Qur’an di Libya,” ujar beliau.Lukman/red.

admin dalwaberita.com
Media Informasi dan Berita Terpercaya Seputar Ponpes Dalwa

Desainer Logo UII Dalwa Jelaskan Makna Logo, Terinspirasi Dari Hadits Nabi Saw.

Previous article

Debat Tertutup Capres – Cawapres BEM UII Darullughah Wadda’wah 2024

Next article

Comments

Leave a reply