beritaGustiawanIkatan Santri Daerah

Haul Abah Guru Sekumpul 1445 H di Ponpes Dalwa Berlangsung Meriah

0

Bangil, Dalwa Berita – Organisasi Ikatan Santri Daerah Banjari (Kalimantan Utara, Selatan, Timur dan Tengah) kembali menggelar haul dari Syekh Zaini bin Abdul Ghani Al Banjari, Kamis malam (18/1/2023) di halaman belakang Dalwa Hotel Syari’ah.

Acara ini merupakan acara tahunan bagi organisai tersebut. Adapun alasan diadakkannya haul dari Syekh Zaini di Ponpes Dalwa karena kurang mampunya mereka untuk menghadiri haul yang diadakan di Martapura sana. Adapun kendala yang dialami mulai dari biaya yang mahal dan perizinan meninggalkan kelas.

“Sebenarnya kita ingin hadir ke sana. Tapi kita gak bisa, karena ongkos mahal dan juga kita tidak bisa meninggalkan pelajaran di pesantren,” ujar Muhammad Ihsan Kamil selaku Ketua Panitia.

Haul Abah Guru Sekumpul ini berlangsung meriah. Terlihat para santri Al-Banjari sangat antusias mengikuti sesi demi sesi acara tersebut. Juga, kegiatan agenda tahunan ini juga bisa dibilang mewah. Keistimewaan ini bisa terjadi kerana kecintaan santri terhadap sosok Abah Guru Sekumpul.

“Ini karena rasa cinta kita terhadap kekasih Allah,” lanjutnya ketika diwawancara Dalwa Berita.

Ihsan mengaku bahwa santri mengikuti salah satu sifat dari Abah Guru yang suka bersedekah. Ia mengungkap, bahkan di Martapura, jika sudah digelar haul dari Abah Guru Sekumpul, banyak para pedagang menjual secara gratis.

“Nah, ini juga merupakan momen kita untuk bersedekah,” tutur santri kelas 3 Tsanawi itu.

Acara tersebut dihadiri oleh Kepala Departemen Pendidikan Ponpes Dalwa, Ustaz Qoimuddin juga Kepada Departemen Bahasa Arab, Ustaz Hasan Bashri beserta dewan asatizah yang merupakan kelahiran tanah Al-Banjari.

Setelah ceramah yang disampaikan oleh Ustaz Qoimuddin, acara kembali meriah pada sesi dzikir nasyid. Pada acara ini, semua lampu dimatikan sehingga suasana menjadi gelap. Hal itu sengaja dilakukan oleh panitia agar para hadirin bertambah khusu dalam berdzikir.

Kemudian acara dilanjut dengan pembacaan tahlil dan ditutup dengan doa.Gustiawan/red.

admin dalwaberita.com
Media Informasi dan Berita Terpercaya Seputar Ponpes Dalwa

Akhiri Kegiatan Rutinan, Ittihad Asad Jabbar Adakan Peringatan Isra Mi’raj- Pemberian Penghargaan Bagi Santri Berprestasi

Previous article

BEM UII Dalwa Sukses Gelar Muktamar ke-II KM UII Dalwa 2024

Next article

Comments

Leave a reply