beritaKampus

Ini Motivasi Wadir UII Dalwa dan Pimred Sidogiri Media Dalam Kepenulisan

0

Bangil, Dalwa Berita Wakil Direktur Pascasarjana UII Dalwa, Dr. Fauzi Hamzah, M.Pd. dan Pimpinan Redaksi Sidogiri Media, Ustaz Alil Wafa memberikan motivasi kepada peserta workshop kelas menulis bersama Sidogiri Media di Savva Room, Dalwa Hotel, Jumat pagi (21/07/2023).

Dalam kesempatan tersebut, mereka berdua membagikan motivasi untuk para peserta. Seperti yang dikatakan Dr. Fauzi Hamzah, tujuan terpenting santri harus menulis agar mengembangkan dakwah Nabi Muhammad saw..

“Di situ bahwa ada tanggung jawab bahwa umat itu perlu, bahwa umat itu membutuhkan, kita punya kewajiban,” tegasnya.

Beliau juga menegaskan agar santri jurnalis untuk untuk tidak membebaskan orang yang akan melakukan kemungkaran dengan tulisannya.

“Kita tidak boleh membiarkan,” jelasnya.

Lebih lanjut, mengubah kemungkaran itu dengan tulisan-tulisan santri yang notabene memiliki background pendidikan pesantren.

Ketua redaksi Sidogiri Media, Alil Wafa menjelaskan bahwa tulisan santri harus mengandung kepentingan masyarakat dan bisa menjawab serta memberikan solusi kepada mereka.

“Apa yang paling banyak dicari masyarakat, maka itu yang dicari,” Tuturnya.

Adapun prinsip cara penyampaian suatu tulisan yang disampaikan sama dengan prinsip kenabian yaitu tabligh, shiddiq, fathanah dan amanah.

“Kita mulai tabligh dulu karna menyampaikan informasi, disamping itu amanah, terakhir adalah fathanah, kita harus cerdas dalam menulis, kita harus cerdas dalam jurnalis.” Jelasnya.

Ia menjelaskan bahwa yang paling banyak dibutuhkan oleh masyarakat adalah informasi-informasi dasar tentang ilmu keagamaan dan itulah masalah yang harus di selesaikan oleh santri jurnalis dalam tulisan yang benar.

Ia berharap agar santri yang ikut dalam kegiatan ini agar tidak berhenti setelah selesai, akan tetapi harus tetap menulis dan harus memiliki target untuk memiliki karya sendiri.

“Terutama teman-teman yang ikut di sini, jangan berhenti di acara ini, harus lahir karya dari acara ini,” ucap Pimpinan Redaksi Sidogiri Media.Amir/red.

admin dalwaberita.com
Media Informasi dan Berita Terpercaya Seputar Ponpes Dalwa

Perluas Pemahaman Dakwah Santri, Departemen Dakwah Undang Da’i Internasional

Previous article

Workshop Menulis Bersama Sidogiri Berjalan Lancar Di Hotel Dalwa

Next article

Comments

Leave a reply