berita

Perluas Pemahaman Dakwah Santri, Departemen Dakwah Undang Da’i Internasional

0

Bangil, Dalwa Berita – Departemen Dakwah Ponpes Dalwa undang Dai Internasional, Habib Ali Zainal Abidin Al-Kaff untuk isi seminar umum tentang dakwah di Masjid Baitul Ghoffar, Rabu malam (19/7/2023).

Seminar tersebut diadakan dengan mengangkat tema “Cara Menjadi Dai yang Diterima di Berbagai Kalangan” yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas santri dalam berdakwah dan menambah wawasan mengenai dakwah.

“Meningkatkan kualitas santri dan menambah wawasan santri supaya kita santri yang berjiwa mahasiswa dan mahasiswa berjiwa santri kita harus terus menambah wawasan kita untuk menjadi yang terdepan,” ucap Muhammad Syihabuddin Yusuf, Wakil ketua panitia pelaksana acara tersebut.

Rencananya, Departemen Dakwah akan adakan seminar dakwah setiap bulannya.

“Mungkin di tahun lalu itu hanya sekali mengadakan seminar dakwah seperti Bersama Habib Abdul Qodir Ba’bud, insyaallah ya! Insyaallah ditahun sekarang kita akan menghadirkan acara seminar ulama-ulama kita dari luar setiap sebulan sekali insyaallah,” ungkap Syihab yang juga salah satu Anggota Departemen Dakwah.

Saat berjalannya seminar, Habib Ali Zainal Abidin Al-Kaff ditemani oleh Habib Alwi bin Segaf Baharun, Habib Husein bin Segaf Baharun dan Habib Hasan bin Abdullah Al-Jufri.

Dalam pemaparan materinya, Habib Ali katakan ilmu adalah fondasi dakwah dan ilmu juga sebagai kunci dakwah untuk diterima di berbagai kalangan.

“Fondasi dakwah adalah ilmu dan itulah kunci agar dakwah bisa diterima di berbagai kalangan,” tuah beliau.

Beliau berharap dengan adanya seminar tersebut para santri semakin semangat dalam belajar dan senantiasa mengembangkan keilmuannya.

“Semoga semakin semangat dalam belajar karena memang dakwah perlu kepada pengetahuan, seperti yang kita samapaikan bahwa asas dakwah adalah ilmu maka berharap pada teman-teman yang belajar di sini (Dalwa) senantiasa mengembangkan keilmuannya untuk menjadi orang-orang yang bermanfaat bagi umat, bangsa dan negri,” harap Da’I kondang itu.

Beliau juga ungkapkan kesannya datang ke Dalwa dan berkumpul bersama para santri.

“Kerinduan karena telinga kadang lebih dari kerinduan karena mata, beberapa kali datang ke Dalwa tapi untuk pertama kali berkumpul dengan santri-santri yang begitu aktif dan mendengar keilmuan dari sahabat-sahabat dan juga sambutan yang begitu hangat, cinta semakin bertambah,” kata beliau pada Pers Dalwa Berita.

Habib Alwi bin Segaf Baharun berharap dengan adanya seminar dakwah ini, para santri semakin paham dengan kondisi masyarakat Indonesia saat ini.

“Supaya anak-anak semakin belajar dan semakin paham akan kondisi yang terjadi saat ini, yang mana sudah minim yang namanya iman dan ilmu, karena masyarakat Indonesia gampang terprovokasi gampang salah arah karena kurangnya dai-dai yang mumpuni,” ucap beliau.

Lebih lanjut, Habib Alwi berharap agar santri Dalwa berdakwah sesuai dengan metode yang diajarkan oleh guru-gurunya.

“Harapan alfaqir santri Dalwa menjadi dai-dai yang mereka berjalan (sesuai) di atas jalan gurunya, yang mengedepankan akhlaq, yang mengedepankan uslub (metode), yang mengedepankan jabal khotir; rela susah, rela berkorban, rela sakit yang penting Nabi Muhammad senang,” lanjut beliau.Taslim/red.

“Tahun Baru Semangat Baru” Jangan Hanya Jadi Slogan Doang

Previous article

Ini Motivasi Wadir UII Dalwa dan Pimred Sidogiri Media Dalam Kepenulisan

Next article

Comments

Leave a reply