AsharberitaEvent Pondok

Jelang Akhir Ramadhan, Dalwa Fasilitasi Pembayaran Zakat Santri

0

Bangil, Dalwa Berita – Menjelang Hari Raya Idul Fitri, Pondok Pesantren Darullughah Wadda’wah, membentuk  panitia pembayaran zakat fitrah bagi para santri dan dewan asatidzah pada umumnya, menimbang pandemi masih terus berlanjut, maka para santri tidak pulang ke rumah sehingga harus  berzakat di pondok nantinya.

Mengingat didalam madzhab Imam Syafi’I, tidak diperkenankan naqluzzakat atau memindahkan zakat, artinya dimana ia mendapati sebagian dari bulan Ramadhan dan sebagian dari bulan syawal, maka disanalah ia wajib berzakat,

maka dengan dalih tersebut, Ponpes Dalwa mewajibkan santrinya untuk melakukan zakant di pondok, yang mana hasilnya nanti akan didistribusikan ke Desa Raci khususnya dan di Kabupaten Pasuruan umumnya, ucap Muhammad Adlika, koordinator pembayaran zakat.

Bagi tiap santri diwajibkan untuk membayar zakat menggunakan beras sebanyak 3 Kg, hal ini dimaksudkan sebagai Langkah kehati-hatian panitia. Adapun sisitem pembelian beras,  mereka dapat membelinya langsung kepada ketua kamar sebagai perwakilan  panitia pembayaran zakat seharga Rp.30.000.

Muhammad Furqon, salah satu perwakilan panitia zakat mengatakan bahwa pembayaran zakat ini dimulai dari tanggal 19 Ramadhan hingga 27 Ramadhan atau bertepatan pada 01 Mei hingga 09 Mei 2021.

Ketua kamar 9 Dalwa 4 tersebut juga menjalaskan tentang fungsi-fungsi zakat.

“Pembayaran zakat ini  sangatlah penting dilakukan, selain sebagai kewajiban, juga memiliki banyak hikmah, diantaranya dapat menyucikan harta dan dapat membantu dan menolong kaum dhuafa juga mustahiq lainnya agar kehidupannya lebih baik dan lebih sejahtera. Pungkasnya.Azhar/Red

admin dalwaberita.com
Media informasi dan berita terpercaya seputar Ponpes Dalwa

Final Hafidz Dalwa Berlangsung Seru dan Meriah

Previous article

Closing Ramadhaniyah Sukses Meghibur Para santri

Next article

Comments

Leave a reply