beritaEvent PondokSandi

Kedatangan Tamu Spesial, Cicit Pengarang Kitab Bughyatul Mustarsyidin Kunjungi Dalwa

0

Bangil, Dalwa Berita- Pembacaan maulid Nabi Muhammad SAW di Ponpes Dalwa kehadiran tamu spesial dari Madinah Munawarah, Al-Habib Abdullah bin Husein bin Abdullah bin Ali bin Abdurrahman Al-Masyhur pada Senin malam (02/10/2023) di Lapangan Dalwa pusat.

Setelah pembacaan maulid, acara dilanjutkan dengan pemberian penghargaan untuk kamar-kamar terbaik dalam menjaga bahasa arab dan kebersihan dan akan dilanjutkan dengan pembukaan dauroh ilmiah oleh Hb. Abdullah bin Husein Al-Masyhur, salah seorang ulama yang berasal dari Madinah Munawwarah sekaligus ulama cicit ulama terkemuka, pengarang kitab Bughyatul Mustarsyidin. Salah satu kitab fiqh yang diajarkan di banyak pesantren di Indonesia ataupun luar negeri umumnya.

Ditemani langsung oleh Habib Ali Baharun Pembina ma’had Dalwa 2 dan 3 dan Ustaz Hasan Basri sebagai ketua bagian bahasa serta jajaran dewan pengajar lainnya. Habib Abdullah bin Husein Al-Masyhur yang juga merupakan guru dari Habib Segaf Baharun dan Habib Ali Baharun tersebut  menyampaikan banyak nasihat tentang keutamaan menuntut ilmu.

Beliau memberi nasihat kepada seluruh santri, agar terus menjaga semangat dengan istiqomah dalam  menuntut ilmu, terus menjadi santri baik didalam atau pun di luar pondok. Karena kerap kali ditemukan banyak santri yang berbuat maksiat sebagai pelampiasan nafsu, karena sebelumnya tertahan untuk melakukannya di pondok, terkhusus saat datangnya waktu liburan, ucap beliau dalam ceramahnya.

Lebih lanjut, beliau memberi perumpamaan sebagaimana yang dijelaskan nabi dengan sabdanya “berapa banyak orang yang berdiri (mendirikan shalat malam), tidak mendapatkan apapun dari perbuatannya melainkan begadang dan kepayahan dan berapa banyak dari orang yang berpuasa, tidak mendapat pahala (balasan) dari puasanya melainkan hanyalah rasa lapar dan dahaga”. Jelasnya menambahkan.

Ustaz Abdurrahman Fahmi selaku Koordinator Dalwa Event Organizer mengungkapkan bahwa pada 2 hari kedepan Habib Abdullah Al-Masyhur akan mengisi dauroh ilmiah dengan membaca kitab Bughyatul Mustarsyidin karya Al allamah Sayyid `Abdur Rahman bin Muhammad bin Husain bin `Umar al-Masyhur bersama seluruh santri yang akan diadakan selepas subuh di Masjid Baitul Gaffar.

“Daurohnya dilanjut Selasa ama Rabu dan kitab nya pakek bughyatul mustarsyidin biar tambah berkah soalnya beliau merupakan cucu dari pengarang kitab itu,” Papar beliau..Sandi/red.

admin dalwaberita.com
Media Informasi dan Berita Terpercaya Seputar Ponpes Dalwa

Mengenang Peristiwa G30S/PKI, HMPS MPI Gelar Nobar Dan Tahlil Nasional.

Previous article

Sukseskan Multaqo Hasaniyyah Ke 11, Panitia Dan TNI-AD Jalin Kerjasama

Next article

Comments

Leave a reply