beritaTaslim

Kunjungan MA Al Kahfi Bogor ke UII Dalwa, Kenalkan Kampus Islam Basis Pesantren Bertaraf Internasional

0

Bangil, Dalwa Berita – Sejumlah siswa-siswi Madrasah Aliyah Al Kahfi Cigombong-Bogor mendatangi Universitas Islam Internasional didampingi kepala sekolah dan para guru. Mereka diperkenalkan profil hingga sistem pembelajaran di Ponpes Dalwa. Mereka disambut pihak kampus di Rhousefah Room Dalwa Hotel lt.3 pada hari Rabu (8/11/2023).

Jumlah siswa dan siswi keseluruhan sampai 99 orang. Mereka tiba di Dalwa Center pukul 16.05 WIB. dengan bus. Wajah senyum terlihat saat mereka menginjakkan kaki di Dalwa Center pertama kali. Lega setelah perjalan jauh yang ditempuh. Pertama kali yang mereka cari bukan tempat makan, tapi mushola. Sholat dan bersyukur atas keselamatan perjalanan lintas provinsi.

Usai Sholat, mereka mulai memadati ruangan yang telah disediakan, Rhousefah room, untuk mendengarkan nasihat-nasihat keilmuan dari jajaran dosen serta dewan asatizah Ponpes Dalwa. Tak hanya asupan rohani yang mereka terima, tapi sekotak makan siang ditambah Dalwa Roti dan air mineral Dalwa Water. Selain berbagi, hal itu ditujukan untuk mempresentasikan produk pesantren.

“Abuya Hasan, beliau berprinsip bahwa bahasa Arab adalah kunci kekuatan Islam. Jika umat Islam memegang teguh bahasa Arab, maka Islam akan kuat,” demikian tuah Ustaz Makki Lazuardi, Dosen dan Pengajar bahasa Arab di Dalwa.

Para siswa-siswi didampingi langsung oleh Kepala Madrasah, Bapak Ahmad Ibnu Ridwan, akrab dipanggil Pak Ibnu. Pak Ibnu sampaikan tujuan anak-anak muridnya datang jauh-jauh ke Dalwa saat diwawancara.

“Karena yang diajak ini adalah siswa-siswi kelas 11 dan 12, kami ingin mengenalkan kampus-kampus Islam agar ketika melanjutkan ke jenjang perkuliahan bersambung juga pembelajarannya,” begitu kata beliau.

Kumpulan sore itu berlangsung singkat, siswa-siswi diberi kesempatan bertanya hanya untuk 3 orang. Pertanyaan yang dilontarkan mulai dari administrasi sampai cara membuat lingkungan bahasa Arab untuk mengembangkannya.

Warek I UII Dalwa berikan kata sambutan pada kesempatan kali itu.

“Abuya Zein sangat senang jika ada pesantren atau sekolah yang datang ke sini untuk bertukar pikiran guna memajukan kualitas pendidikan,” ucap Dr. Solahuddin Hasyim. M. HI. dalam penyampaiannya.

Acara tersebut berakhir pukul 17.36 WIB.. di penghujung acara kedua belah pihak bertukar cendera mata kemudian doa penutup.

“Alhamdulillah, kami dapat banyak sekali faedah setelah berkunjung ke Dalwa, dapat motivasi dan semangat untuk belajar bahasa Arab, mendalaminya dan kami tak mengira ada kampus yang dinaungi pesantren yang setaraf kelas dunia,” ucap pembimbing dari MA Al Kahfi tersebut, yang akrab dipanggil Pak Mufti saat diwawancara.Taslim/red.

admin dalwaberita.com
Media Informasi dan Berita Terpercaya Seputar Ponpes Dalwa

Masyarakat dan Aparat Setempat Sukseskan Raci Bersholawat Bersama Ponpes Dalwa

Previous article

Sambut Hari pahlawan BEM UII Dalwa Adakan Seminar Nasional

Next article

Comments

Leave a reply