beritaIlham MaulidiKampus

LPM Dalwa Berita Adakan Bedah Majalah Sidogiri Terbaru, Bahas Adu Domba Kiai Vs Habaib

0

Bangil, Dalwa Berita- LPM Dalwa Berita mengadakan Bedah Majalah bersama Sidogiri Media di ruangan Pascasarjana B, Sabtu malam (12/07/2023).

Bedah tersebut dinarasumberi oleh Ustaz Achyat Ahmad, Redaktur Senior majalah Sidogiri

Menggunakan majalah Sidogiri edisi 194 dengan judul Waspada Adu Domba Kyai vs Habaib. Redaktur majalah Sidogiri mengungkapkan, bedah majalah ini bentuk perhatian terhadap isu yang menyerang umat Islam dalam memecah belah dengan mengadu domba antara kiai dengan habaib.

“Pertama seperti yang saya katakan tadi karena ini penting, karena umat Islam itu harus menghormati habaib dan kyai. Dan yang kedua, di luar heboh urusan habaib kemudian dibenturkan dengan kyai karena sedang heboh maka kita  turun tangan untuk memberikan penjelasan kepada masyarakat,” ungkapnya.

Beliau juga mengungkapkan bentuk adu domba antara habaib dan kiai yaitu permasalahan nasab dan asal habaib tersebut, dan adu domba masuk dalam ranah pesantren dengan menyebut pesantren yang diasuh oleh habaib dengan sebutan pesantren arab dan yang diasuh oleh kyai pesantren pribumi.

“Itu dikotomi. Ketika satu lembaga pendidikan Islam itu ada di Indonesia, maka itu semua pada hakikatnya diabdikan untuk umat Islam Indonesia, begitu tidak ada pribumi tidak ada Arab, semuanya Indonesia,” ungkap Ustaz Achyat Ahmad.

Beliau berharap bedah majalah ini menjadi suatu permulaan yang bagus dengan adanya komunitas pembaca, dan mengkaji lebih dalam apa yang menjadi bahan bacaannya juga serta peka terhadap tentang isu yang terjadi pada umat Islam.Ilham/red.

 

admin dalwaberita.com
Media Informasi dan Berita Terpercaya Seputar Ponpes Dalwa

Ponpes Dalwa Kedatangan Tamu Dari Jamiah Al-Wasathiyah Asyariyyah Yaman

Previous article

Dirgahayu RI Ke-78, Habib Ali Baharun: Mari Syukuri Perjuangan Para Pahlawan Kemerdekaan

Next article

Comments

Leave a reply