beritaEvent PondokKampusSeman

Menjadi Eksis Dengan Menulis

0

Bangil, Dalwa Berita- Rabu Malam(19/02/2020) pelatihan kepenulisan dan forum diskusi literasi dengan keynote speaker ustadz Reiza Praselanova M.I.Kom bertema “Motivasi Jurnalistik dan Literasi Digital” yang bertempat di gedung Binayah Jadidah, ruangan pascasarjana kembali dilaksanakan.

                Di part ke-2 ini, beliau melanjutkan pembahasan yang terputus dikarenakan kendala waktu di part 1, yaitu tentang cara membuat berita dengan teknik menulis yang benar, lead, staraigt news, dan title. Sebelum menjelaskan, beliau mengungkapkan bahwa teknik ini tidak hanya khusus untuk membuat berita, tapi juga bisa digunakan untuk membuat tulisan selainnya, seperti status, artikel, jurnal, novel dll.

 “Komposisi bagus yang bisa dimuat untuk berita adalah hal-hal yang penting, menghebohkan, dan factual. Lead (pembuka) yang bagus adalah yang kalimatnya singkat, tapi mengena. Straigt News (berita langsung) terbagi menjadi 2: Hard dan Soft. Membuat Title (Judul) boleh memilih antara kalimat yang lagi trend, rima (permainan kata), diambil dari plesetan dan provokasi dengan syarat maximal 6 kata atau lebih. Agar mahir, intinya yang terpenting adalah rajin berlatih” tutur ustadz Reiza.M.Azh-Zhuhri/red.

admin dalwaberita.com
Media informasi dan berita terpercaya seputar Ponpes Dalwa

Pembacaan Bukhory: Mengamalkan Jejak Salafussholih

Previous article

Dalwa Jadi Tuan Rumah Fesban Se-Jawa Timur

Next article

Comments

Leave a reply