beritaEvent PondokFaqih

Pembacaan Bukhory: Mengamalkan Jejak Salafussholih

0

Bangil, Dalwa Berita- Rabu (26/02/2020) bertepatan dengan tanggal 2 Rajab 1441 H Dalwa kembali adakan acara pembukaan pembacaan kitab shohih bukhory  di masjid Baitul Ghofar. Acara yang rutin diadakan setiap memasuki bulan Rajab ini dimaksudkan untuk mengikuti jejak salafussolih.

Iftitah yang melibatkan seluruh santri dan sebagian besar Asatidzah ini dimulai selepas sholat dzuhur berjamaah. Dimulai dengan qoshidah hadhromiyah oleh Sayyid Muhammad Assirri kemudian pembacaan surat al fatihah dilanjutkan dengan pembacaan adab atau etika yang baik ketika membaca kitab Shohih Bukhory oleh Habib Muhammad Alkaff serta pembacaan hadits secara bergiliran.

Turut hadir dalam event tahunan ini, pimpinan pondok Abuya Habib Zein bin Hasan baharun serta Asatidzah Kibar seperti Habib Muhammad bin Ahmad al Idrus, Ustadz Qoimuddin Abdullah, Habib Husein bin Aqil, Syekh Abdullah bin Abdurrahman al Muhdor, Habib Ali bin Hasan Baharun serta jajaran asatidzah lainnya.

Kitab hadist yang ma’ruf di kalangan para santri ini memiliki beberapa keistimewaan yang tidak dimiliki kitab hadist lain. Diantaranya Al imam  Muhammad bin Ismail bin Ibrahim Al Bukhari Al ju’fi mensyaratkan dalam kitab hadistnya. Pertama, Perawi hadits se-zaman dengan guru yang menyampaikan hadits kepadanya dan kedua, Informasi bahwa si perawi benar-benar mendengar hadits dari gurunya secara valid.

Alhamdulillah dengan dibukanya pembacaan kitab Bukhori Insyaallah lebih mendekatkan kita kepada sabda-sabda Rosulullah SAW sehingga kita diingat dan dicintai oleh baginda Nabi SAW.” tutur Dolah, santri yang duduk di kelas tiga Tsanawi.

Kemudian acara diakhiri dengan doa yang dipimpin oleh Syekh Abdullah bin Abdurrahman al Muhdor.Faqih/red.

admin dalwaberita.com
Media informasi dan berita terpercaya seputar Ponpes Dalwa

Upacara Pemberian Hadiah Perdana Dalwa Ba’alawi

Previous article

Menjadi Eksis Dengan Menulis

Next article

Comments

Leave a reply