beritaEvent Pondok

Perayaan Closing Festival Bahasa Arab Sedunia di Ponpes Dalwa

0

Bangil, Dalwa Berita – Closing Festival Hari Bahasa Arab se-Dunia di Ponpes Dalwa berlangsung dengan meriah pada Kamis malam, (11/01/2024)

Perayaan dilaksanakan sebagai penutup Festival Ihya’ Lugoh Arobiyah (FILA) di Ponpes Dalwa  yang dibuka pada Hari Bahasa Arab se-Dunia tanggal 18 Desember 2023 kemarin.

FILA sendiri merupakan penyelenggaraan bermacam ajang perlombaan dalam rangka menyambut Hari Bahasa Arab Sedunia.

Adapun untuk perlombaan yang dijuarakan adalah Qiroatul Akhbar (baca berita bahasa Arab), Munazoroh Ilmiyah, Khitobah, Insyad Aroby, Taqdimil Qissoh dan lainnya, diikuti oleh 8 ittihad (perkumpulan santri daerah) yang ada di Ponpes Dalwa, contohnya ASAD JABBAR Jawa Barat, ASAS Sumatra, SANUBARI JAYA Indonesia Timur, dan sebagainya yang kemarin diadakan di Ponpes Dalwa.

Sempat terhambat sebab hujan, Berlangsungnya acara diawali pukul 08.30 dengan final lomba Munazoroh Ilmiyah yang mempertemukan perwakilan Ittihad ISMA Madura dengan SANUBARI JAYA Indonesia Timur, dengan mengusung tema “Wajib bagi Warga Indonesia Menerima Imigran dari Rohingya sebagai Bentuk Kemanusiaan.”

Setelah pertandingan, acara dibuka dengan pembacaan surat Al-Fatihah oleh Ustad Qoimuddin, dilanjutkan dengan pembacaan ayat Qur’an yang dilantunkan oleh grup Al-Qudwah.

Dihadiri oleh tamu spesial Syekh Najib Ali Abdullah As-Sudi yang datang dari negeri Yaman, acara berlanjut dengan menampilkan pertunjukkan drama bahasa arab yang bertemakan ‘Shoutu Shofiir Bulbul’ yang mampu menarik gelak tawa penonton.

Perayaan malam hari itu juga diwarnai dengan bermacam pertunjukkan yang dilakoni oleh juara pertama tiap-tiap lomba yang telah diadakan pada FILA kemarin, seperti Qiro’atul Akhbar mengenai Festival Hari Bahasa Arab se-Dunia, Taqdimul Qissoh dari salah satu bab kitab Qiroatur Rasyidah, Tamsilul Kitab Muhawaroh, Insyad Aroby berjudul Tashna’ Al-Mustahil yang berlangsung dengan sangat meriah.

Rangkaian acara disambung dengan pengumuman para juara pada tiap cabang lomba, sedangkan untuk juara umum diraih oleh Ittihad ASAS Sumatra dengan perolehan 5 juara dari 5 cabang lomba.

“Alhamdulillah, ASAS Sumatra berhasil dapet Faiz Aam, kita dapet 5 juara waktu lomba kemarin yaitu Imatoh, Qiroah Akhbar, Tamsil Muhawaroh, Taqdim Qissoh sama Hifds Ashriyyah,” Ujar Habibi, salah satu pemenang lomba asal Sumatra.

Penutupan secara simbolis oleh Mudirul Ma’had Abuya Zain ditemani Ustad Qoimuddin, Habib Ali Baharun beserta Syekh Najib menjadi penutup perayaan Closing Festival Hari Bahasa Arab se-Dunia di Ponpes Dalwa.Fauzan/red.

admin dalwaberita.com
Media Informasi dan Berita Terpercaya Seputar Ponpes Dalwa

Dars Rauhah Melepas Penat Pasca Ujian Bulanan

Previous article

Bentuk Kepedulian Terhadap Sesama, Mensospol UII Dalwa Gelar Donor Darah

Next article

Comments

Leave a reply