berita

Semua Deligasi Ponpes Dalwa Kembali dari MQKN dengan Gelar Juara

0

Bangil, Dalwa  Berita – 5 santri Ponpes Dalwa berhasil menyumbangkan 4 medali emas dan 1 medali perak untuk kafilah Jawa Timur pada ajang MQKN 2023 M yang ke-7 kalinya.

Musabaqoh Kiroatul Kutub Nasional tersebut diadakan di Ponpes Sunan Derajat, Lamongan, Jawa Timur selama 8 hari (10-18 Juli). Adapun prestasi yang diraih antara lain;

  1. Juara 1 lomba Debat Bahasa Arab yang diwakili oleh Muhammad Sandi, M. Naufal Hamdani dan M. Khairi Anwar.
  2. Juara 1 lomba Tafsir tingkat Ulya oleh saudara Muhammad Hasan Akmal.
  3. Juara 2 lomba Baca Kitab Akhlak tingkat Ulya oleh saudara M. Aiman Fathul Bari.

Prestesi ini dinilai meningkat, karena dilihat dari MQKN yang diadakan sebelumnya, Ponpes Dalwa hanya mendapatkan 4 medali emas dari debat bahasa Arab yang terdiri dari 3 orang dan lomba baca kitab.

Momen perlombaan ini menjadi barometer kompetensi santri Dalwa dalam memahami kitab turots ulama, baik dari segi bacaan ataupun pemahaman ibarah dan aktualisasi dalam kontek kehidupan sehari-hari.

Mereka tidak hanya berangkat atas nama Ponpes Dalwa, namun juga membawa nama besar kontingen Jawa Timur. Mereka dituntut sekuat tenaga untuk melawan delegasi terbaik dari 34 provinsi di seluruh Indonesia, terlebih provinsi yang telah lama menjalin rivalitas dengan Jawa  Timur dalam perebutan juara umum, seperti Jawa Tengah, DIY, Jawa Barat dan lain-lain.

Muhammad Nizar bin Shofi selaku salah satu Pembina dari kontigen Dalwa mengungkapkan rasa harunya karena melihat perjuangan mereka yang dengan sabar dan tekun dalam latihan dan menjaga wasiat Abuya Zein bin Hasan Baharun, seperti menjaga wirid dan pandangan kepada lawan jenis.

“Bagi saya sendiri serta saudara saya Abdurrahman Fahmi dan M Shobri Chaniago selaku pelatih dan pembina kali ini sangat terharu melihat  perjuangan adik adik peserta yang dengan sabar menjalani nasehat Abuya Zain Hasan Baharun yang sangat mewanti-wanti dari berinteraksi dengan lawan jenis serta selalu melazimi wirid-wiridnya,” ucapnya.

Ia bersyukur karena seluruh delegasi Dalwa yang dikirim untuk perlombaan tersebut semuanya pulang dengan membawa gelar juara.

“Alhamdulillah, dengan berbekal hal di atas, kami diberi kemampuan untuk menorehkan sejarah baru dalam ajang ini, karena Dalwa berhasil menyumbangkan 3 gelar juara dalam 3 cabang perlombaan,” tuturnya.

Lebih lanjut, ia berpesan kepada pemenang agar tidak tenggelam dalam suasana tersebut, karena ia berharap santri Dalwa selanjutnya dapat menoreh prestasi lebih dari sekarang ini.

“Pesan kami untuk para peserta dan para pembaca yang budiman untuk tidak terlalu tenggelam dalam euforia kebahagiaan kali ini dan kami selalu menunggu para penerus  berjuang untuk membawa jutaan prestasi lainnya ke Dalwa kita tercinta,” pesannya ketika ditanya melalui WA.Sandi/red.

admin dalwaberita.com
Media Informasi dan Berita Terpercaya Seputar Ponpes Dalwa

Santri yang Mendapatkan Nilai Sempurna Lebih Sedikit dari Bulan Rojab

Previous article

Kembali Rayakan Asyura’ dengan Menyantuni 500 Lebih Santri Yatim Piatu

Next article

Comments

Leave a reply