AsharberitaKampuspascasarjana

Tingkatkan Wawasan Kepesantrenan, Pascasarjana UII Dalwa Kembali Gelar Rihlah Ilmiah

0

Bangil, Dalwa Berita – Dalam rangka meningkatkan wawasan dan manajemen kepesantrenan, sebanyak 48 mahasiswa Pascasarjana program studi MMPI, MPBA, dan Doktoral PAI melaksanakan Rihlah Ilmiah pada (23-24/02/2024).

Kegiatan ini didampingi langsung oleh Dr. Imaduddin, M. Pd (Wadir I), Dr. Fauzi Hamzah, M. Pd (Wadir III), Dr. Kholili Nasib, M. Ud (Sekprodi doktoral), Ust. Shofi Asnaf, M. Pd (Kaprodi MPBA), Dr. Sodiqin, M. Pd (Kaprodi MMPI), Dr. Sahri, M. Pd (Kaprodi SPI) dan beberapa civitas akademika lainnya.

Dalam pelaksanaannya, Rihlah Ilmiah tahun ini dimulai dengan melaksanakan studi banding ke beberapa pesantren di Jawa Timur dan Jawa Tengah; Thursina IIBS (Malang), Ar-Rahmah IIBS (Malang), Unida Gontor (Ponorogo) dan Al-Azhar IIBS (Karanganyar). Kegiatan dilanjutkan dengan kunjungan ke Keraton Solo dan diakhiri dengan wisata religi ke Makam Habib Anis Al-Habsyi.

Irwan Haryanto, salah seorang peserta rihlah mengungkapkan kesannya setelah mengunjungi beberapa pesantren.

“Jujur, kegiatan ini sangat mengesankan dan menambah wawasan, sebuah kombinasi rihlah dan pengembangan wawasan ilmiah yang terbungkus pada manajemen kelembagaan. Semoga program ini terus berkembang dan berkesinambungan,” ungkapnya.

Dr. Imaduddin juga menyampaikan pesannya pasca pelaksanaan kegiatan rihlah ilmiah berlangsung.

“Kegiatan seperti ini sangat bagus, ashab yang ikut kegiatan ini akhirnya dapat melihat wujud ragam manajemen kepesantrenan yang nantinya diharapkan dapat diaplikasikan sepulangnya mereka dari pondok,” ujar beliau.

“Apalagi kita tahu, sasaran dakwah kita ini ialah seluruh ummatnya Nabi Muhammad. Jadi pendidikan kepesantrenan ini harus dapat menembus semua kalangan, dapat bertransformasi dengan apa yang dibutuhkan masyarakat dengan tanpa meninggalkan nilai-nilai ciri khasnya,” jelas beliau lebih lanjut

Kegiatan diakhiri dengan silaturrahmi ke salah satu pesantren milik salah seorang peserta rihlah yang berada di wilayah Semarang, Jawa Tengah. Ashar/red.

admin dalwaberita.com
Media Informasi dan Berita Terpercaya Seputar Ponpes Dalwa

Ikuti Salaf dalam Perayaan Malam Nishfu Sya’ban

Previous article

Pelepasan Mahasiswa Prodi HKI yang Akan Menjalani PKL

Next article

Comments

Leave a reply