AsharBahasa ArabberitaKampus

Tingkatkan Praktik Berbahasa, Mahasiswa KKN UPN Jatim Gelar Pelatihan Metode Diskusi Bahasa Arab

0

Bangil, Dalwa Berita- Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Pembangunan Nasional Jawa Timur (UPN Jatim) menggelar pelatihan metode pembelajaran diskusi bahasa Arab di Pondok Pesantren Darullughah Wadda’wah, Pasuruan, Jawa Timur.

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Minggu, (19/11/2023) yang diikuti oleh 30 santri dari berbagai tingkatan (Ibtidaiyyah-Aliyah) di kamar 11, lantai 2 gedung Binayah Jadidah Ponpes Dalwa.

Pada pelatihan ini, para santri diberikan materi tentang teori dan praktik diskusi bahasa Arab. Materi teori meliputi pengertian diskusi, tujuan diskusi, jenis-jenis diskusi, dan langkah-langkah melakukan diskusi.

Sedangkan materi praktik meliputi simulasi diskusi dengan berbagai tema. Metode diskusi dipilih karena dinilai efektif untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan berbahasa.

Ketua pelaksana kegiatan, Abdulqader alawi omar al-zaher mengatakan bahwa kegiatan pelatihan metode pembelajaran diskusi bahasa Arab ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Arab di Pondok Pesantren Darullughah Wadda’wah.

Selain itu, pelatihan ini merupakan salah satu bentuk pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa KKN UPN Jatim.

“Kami berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi para santri dan meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Arab dan kemampuan mereka dalam berkomunikasi menggunakan bahasa Arab di Pondok Pesantren Darullughah Wadda’wah,” jelasnya.

Fatah, sebagai salah seorang peserta pelatihan mengungkapkan bahwa kegiatan ini sangatlah bermanfaat untuk mendukung ketrampian berbahasa santri.

“Pelatihan ini sangat bermanfaat bagi kami. Kami jadi tahu bagaimana cara melakukan diskusi bahasa Arab yang baik dan benar,” ucapnya saat diwawancarai pers Dalwa Berita.

 

admin dalwaberita.com
Media Informasi dan Berita Terpercaya Seputar Ponpes Dalwa

Mahasiswa KKN UPN Jatim Lakukan Sosialisasi Pentingnya Keterampilan Berbicara Bahasa Arab

Previous article

Ajak Santri Cakap Berbahasa, Mahasiswa KKN UPN Jatim Gelar Nonton Film Berbahasa Arab

Next article

Comments

Leave a reply