ArtikelRedaksi

Yuk Tilik Keutamaan Di Bulan Sya’ban!

Malam nishfu sya'ban
0

Bulan Sya’ban seperti yang kita ketahui hanyalah bulan yang mana setelah bulan ini ada bulan yang dinanti-nanti kehadirannya oleh kaum muslimin yaitu bulan Ramadhan.

Padahal bukan hanya itu, bulan yang dihimpit oleh dua bulan mulia, yaitu Rajab dan Ramadhan ini memiliki kemuliaan yang tak kalah agung dari bulan-bulan yang lain. Hal itu telah disabdakan oleh Rosulullah saw, beliau bersabda yang artinya “Bulan Sya’ban ini adalah bulanku,” yaitu bulan Rosul saw.

Bulan ini bisa disebut juga dengan bulan untuk bersholawat kepada Rosul saw. Kenapa disebut demiakian? Karena ayat perintah untuk bersholawat kepada Rosul saw turun pada bulan Sya’ban.

Bukan hanya itu saja, di bulan ini terdapat malam yang mana memiliki keutamaan yang tak kalah mulia. Malam itu ialah malam Nishfu Sya’ban. Bahkan, Syekh Abdul Qodir Al-Jailani berkata “Malam Nishfu Sya’ban adalah malam yang paling utama setelah malam lailatul Qodar.”

Maka dari itu ulama-ulama kita tidak akan menyia-nyiakan waktu tersebut dengan berleha-leha. Mereka menggunakannya untuk mendekatkan diri pada Sang Pencipta.

Seperti adat mereka yang membaca surah Yasin sebanyak tiga kali, dan kemudian adat ini dilanjutkan oleh kaum muslim hingga saat ini, khususnya untuk negara-negara ahlussunnah wal jama’ah yang mana mereka sangat menjaga tradisi para ulama terdahulu mereka.Fauzan Ali/red.

admin dalwaberita.com
Media Informasi dan Berita Terpercaya Seputar Ponpes Dalwa

Sambut Pemilu 2024, Ponpes Dalwa Berikan Arahan- Ajarkan Doa Khusus Untuk Nyoblos Kepada Para Santri

Previous article

Tutup Kajian Al-Hikam, Habib Segaf: Tetap Selalu Tegur Sapa

Next article

Comments

Leave a reply